Cash dan Kredit New Yaris 2020

Toyota Yaris generasi tiga XP150 bertambah siklus hidupnya. Praktis, ketinggalan dari Yaris versi negara lain yang sudah memasuki generasi empat (XP210). Bukan berarti sebuah keterlambatan juga, melainkan strategi produk berbeda tiap regional khusus hatchback satu ini. Model dan basis tak sama dengan Yaris di Jepang, Eropa dan Amerika Utara.Berarti sudah lebih dari 6 tahun XP150 beredar di Indonesia. Sejak regenerasi dari Yaris “Bakpao” ke Yaris “Lele”, sudah beberapa kali mengalami penyegaran. Pertama mengganti mesin dan transmisi tanpa mengubah tampilan. Enjin legendaris 1NZ-FE pensiun, disubstitusi 2NR-FE Dual VVT-i yang juga dipakai Vios dan Sienta. Lalu transmisi matik konvensional ditanggalkan, beralih ke CVT yang lebih pintar menghemat bahan bakar.Ubahan muka signifikan terjadi pada 2018. Nama Yaris “Lele” berubah jadi Yaris “Joker”. Gambaran desain rumah fog lamp yang menyerupai senyuman, diplesetkan ibarat wajah Joker musuh abadi Batman. Drivetrain mengikuti update terbaru memakai 2NR-FE dan CVT. Plus tambahan fitur kenyamanan dan keselamatan yang memberikan perlawanan sengit melawan compact hatchback lain.

Sangat lengkap. Pantas untuk menobatkan Yaris sebagai hatchback B-Segment paling komplet safety-nya. Mulai dari tujuh airbag di sekeliling kabin, hingga hill start assist. Interior juga mengalami perubahan dengan penambahan aksen metal di dashboard, penggunaan panel instrumen baru, hingga pengendali AC digital.

Dua tahun lebih beredar, Yaris kembali mengalami facelift. Mengikuti pembenahan di pasar Thailand dan Filipina, perubahan wujud Yaris terlihat serupa. Senyum Joker hilang, berganti bahasa desain Toyota terkini. Entah bakal mendapat julukan apa, tapi seringai senyuman beralih seperti cemberut.

Sama seperti sebelumnya, 2 varian utama dijajakan: G dan TRD Sportivo. Tapi dipisahkan lagi bila konsumen ingin jumlah airbag 3 titik atau 7 titik. Harga mengalami kenaikan sedikit menjadi Rp 263,4 juta untuk tipe G MT termurah, sampai Rp 301,4 juta tipe TRD Sportivo CVT 7 airbag.

Penambahan fitur pastinya ada. Kini lampu utama sudah jenis LED, begitu pula Daytime Running Light. Sayang peranti keselamatan mutakhir Toyota Safety Sense tak diikutsertakan. Tapi masih tetap terlengkap di kelasnya lewat 7 airbag beserta fitur aktif lainnya.

Interior & Fitur Toyota Yaris

Sejauh mata memandang, tidak ada juga perubahan signifikan di kabin. Nuansa gelap berpadu aksen silver, ingin menonjolkan karakter sporty. Dashboard dengan hiasan jahitan palsu seperti di Yaris Lele sudah berkurang. Meski masih banyak ditemui dengan material murahan.

Model tuas transmisi gate level juga menambah kesan mewah. Ditambah paddle shifter khusus untuk tipe TRD saja.

Sarana hiburan terpusat pada head unit monitor baru. Mengedepankan konektivitas mudah ke smartphone, melalui fitur Miracast dan juga Bluetooth. Paling baru disematkan kamera parkir frontal belakang.

Fitur Smart Engine Start/Stop Button tersedia di tipe TRD. Lalu tampilan berbagai informasi kendaraan mudah terpantau di combination meter dengan MID TFT.

Semua kursi tergolong lega. Sisa ruang kepala dan kaki untuk penumpang dewasa tersedia banyak. Bagasi juga tergolong lapang untuk sebuah sedan tanpa buntut. Sangat akomodatif untuk penggunaan harian, dan lumayan memenuhi unsur kebutuhan mobil keluarga.

Eksterior Yaris

Layaknya facelift, muka paling mendapat pembenahan. Bentuk lampu belum berubah tapi kini berisi LED. Daytime Running Light (DRL) turut berpindah ke dalam. Grille juga masih sama, dengan bilah utama menyatukan kedua lampu. Air dam berubah drastis dengan pola trapesium. Berpangkal langsung ke grille, seolah menjadi satu kesatuan. Sehingga mengubah wajah tersenyum sinis, jadi perangai cemberut. Kisinya berbentuk honeycomb. Rumah fog lamp melengkung dengan coakan bersudut mencirikan muka produk Toyota terkini. Desain yang sedang tren, bahkan banyak diaplikasi pabrikan lain juga.

Bagian samping tak berubah. Bahkan tanpa mengganti desain pelek propeler seperti di Thailand. Untuk sajian kelir juga tidak ada pilihan two-tone yang seharusnya memberi nuansa baru. Tampak belakang paling minim rombakan. Lampu sampai bemper masih sama. Nihil pengaruh juga terhadap dimensi bodi keseluruhan. Terhitung 4.145 x 1.730 x 1.500 mm (PxLxT).

Desain varian Yaris TRD Sportivo paling ramai lewat sematan body kit. Ada di sekeliling tubuh, mulai dari lip spoiler di depan, side skirt, hingga bemper belakang yang sporty. Perubahan di New Yaris ini hanya praktis hanya di bemper depan saja. Malah tailgate spoiler masih sama. Tak lupa stiker TRD Sportivo yang bisa dibeli di toko variasi mana saja. Ubahan lainnya ada di kelir spion. Tadinya hitam sekarang sewarna bodi.

Kami tetap suka profil sedan XP150 yang memancarkan hatchback sejati. Tidak seperti Honda Jazz yang bercampur elemen MPV. Hanya saja, cukup kecewa melihat pembenahan New Yaris yang tidak seberapa ini. Apalagi jika dibandingkan dengan versi Thailand maupun Filipina, banyak sekali bedanya.

Mesin & Konsumsi BBM Toyota Yaris

Mengikuti pergantian drivetrain medio 2016 lalu, New Yaris masih menggendong unit 2NR-FE. Berkonfigurasi 4-silinder plus teknologi katup Dual VVT-i, tenaga dihasilkan tetap 107 PS dan 140 Nm.

Di atas kertas masih kalah dari performa Honda Jazz. Figurnya 120 PS dan 145 Nm, dengan tipikal mesin sama.

Transmisi CVT Toyota memberi antaran tenaga halus namun tetap padat berisi. Rasio varibel bisa diandalkan untuk menyesuaikan kebutuhan di berbagai kondisi jalan. Walau harus diakui, CVT milik Honda masih terasa lebih responsif.

Beruntung Toyota memberi paddle shifter di balik lingkar kemudi. Perpindahan gigi bisa dibebaskan sesuai keinginan pengemudi. Terdapat mode berkendara Eco dan Sport yang dapat dipilih lewat tombol. Pilihan untuk kondisi tertentu, apakah butuh tarikan lebih cepat atau menghemat penggunaan bahan bakar.

Untuk ukuran mesin 1,5-liter tergolong irit. Pemakaian dalam kota sanggup menghasilkan 10-12 kpl. Saat melaju konstan di jalan tol bisa melebihi 18 kpl.

Pengereman Yaris

Pertama dan satu-satunya di kelasnya, Yaris dilengkapi 7 airbag. Menjadikan keunggulan bersaing yang belum bisa ditandingi Jazz. Untuk model facelift 2020 ini, Toyota menyediakan pilihan lebih terjangkau untuk konsumen. New Yaris juga disediakan dalam opsi 3 airbag saja, dengan harga lebih murah sekitar Rp 5 juta.

Tergantung keinginan pembeli, yang pasti 7 titik airbag sangat melindungi semua penumpang. Selain dua airbag di depan seperti biasanya, ditambah airbag tirai, samping dan lutut pengemudi.

Kursi belakang juga tersedia kaitan ISOFIX untuk kursi anak-anak. Sandaran kepala punya fungsi whiplash injury lessening, guna mencegah atau mengurangi cedera tulang belakang.

Manuver dan kestabilan New Yaris selalu terjaga. Peranti aktif VSC (Vehicle Stability Control) menjamin terhindar dari understeer maupun oversteer. Hill Start Assist (HSA) juga standar di semua tipe. Mobil akan tertahan tidak merosot turun, saat beranjak di jalanan menanjak.

Struktur bodi dirancang kuat, tapi mampu menyerap energi tumbukan. Tak ayal diganjar lima bintang oleh ASEAN NCAP.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kredit , Cash dan Info Promo? Klik WhatsAppTelepon